Sejarah Sejarah GPIB Jemaat Bahtera Iman di Ciputat

Pesatnya pembangunan perumahan di daerah pemukiman Ciputat dan sekitarnya mengundang banyak penduduk pindah ke daerah yang baru tersebut. Diantara penduduk yang pindah ini terdapat warga GPIB. Salah satu persoalan yang dihadapi warga gereja ialah sarana ibadah yang memadai, yang dapat menampung warga gereja untuk beribadah.

Berdasarkan Surat Keputusan Majelis Jemaat GPIB "Karunia" NO.131/MJK/VIII/94Kpts tanggal 21 Agustus 1994 Sektor Pelayanan IX Bukit NUsa Indah ditingkatkan dan ditetapkan menjadi Pos Pelayanan GPIB Jemaat Karunia.

Pada Tanggal 20 November 1994 diberi nama Pos Palayanan Bukit Zaitun. Tempat ibadah menggunakan gedung Persekutuan Umat Kristiani (PUK). Perubahan sektor Pelayanan menjadi Pos Pelayanan mendapat sambutan sukacita dari jemaat yang berdomisili di wilayah Pos Pelaynan dan sekitarnya. Sukacita tersebut diwujutkan lewat kehadiran warga jemaat pada setiap ibadah Minggu melebihi kapasitas ruangan ibadah, sehingga harus menggunakan tenda.

Pelaksana Harian Majelis Gereja GPIB "Karunia" membentuk Panitia Pembangunan Gedung Gereja dengan Surat Keputusan NO. 093/MJK/IV/96/Kpts tanggal 4 April 1996, kemudian ditetapkan oleh Majelis Sinode sesuai Surat Keputusan NO.1096/96/MS.XIV/Kpts tanggal 16 April. Pelaksana Harian Majelis jemaat GPIB "Karunia" bersama Panitia Pelaksana Persiapan Bagian Jemaat dan Panitia Pembangunan Gedung Gereja membahas pembangunan Gereja dan menetapkan tanggal 7 April 1996 bertepatan Perayaan Paskah dilaksanakan Peletakan Batu Pertama.

Pada tangal 9 Mei 1996 mulai dilaksanakan pembangunan gedung gereja tanggal 24 Oktober 1996 ditetapkan Pengurus Harian Jemaat Bahtera Iman sesuai Surat Keputusan NO.125/MJK/X/96/Kpts. Nama Bahtera Iman adalah nama yang disepakati bersama dalam Rapat Khusus PHMJ bersama Panitia Pembangunan dan Pengurus Bajem. Hari Minggu tanggal 27 Juli 1997 adalah hari peresmian Gedung Gereja dan Pelembagaan Jemaat GPIB "Bahtera Iman".
Gereja GPIB "Bahtera Iman" telah berdiri tegak dan kokoh ditengah-tengah pemukiman komplek Bukit Nusa Indah, Serua-Ciputat.

Pada saat dilembagakan, GPIB Jemaat "Bahtera Iman" bernaggotakan 231 KK dengan jumlah jiwa 923 orang.
Wilayah pelayanan adalah sebagai berikut:

  • Di Utara
    Berbatasan dengan GPIB Jemaat "Filadelfia", jalan kampung utan menuju Jalan Kompas,jalan Cendrawasih, sampai di jombang Ciledug
  • Di Selatan
    Berbatasan dengan GPIB Jemaat "Karunia", jalan Ciputat Raya, hingga berbelokan ke jalan Bambu Apus, menuju komplek Departemen Agama, hingga ke Serua Bukit.
  • Di Timur
    Berbatasan dengan GPIB Jemaat "Kinasih", jalan Serua Bukit, hingga kantor lurah Serua menyusuri batas tembok komplek Bukit Nusa Indah, Villa gunung lestari, Menuju jalan jombang BSD.

======== MASIH DALAM TAHAP PENGEMBANGAN. TERIMA KASIH ATAS PENGERTIANNYA ==========
2013 | gerald.logor